Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuripan pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental design dengan desain posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuripan tahun ajaran 2024/2025. Sampel ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling, yang menghasilkan siswa kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan model problem based learning, sedangkan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran langsung. Instrumen penelitian meliputi modul ajar, lembar observasi, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil analisis data menggunakan uji-t menunjukkan bahwa nilai t_hitung = 2,133 > t_tabel = 2,004 sehingga ditolak dan diterima. Artinya, terdapat perbedaan rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, di mana rata-rata nilai posttest kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen sebesar 71,875 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang memperoleh rata-rata sebesar 63,966, dengan pengaruh yang diberikan berada pada kategori sedang berdasarkan hasil uji effect size sebesar d = 0,575 . Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuripan tahun ajaran 2024/2025.
Copyrights © 2025