Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 1 (2025): Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar

Analisis Dampak Pendekatan Deep Learning terhadap Peningkatan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar

Amalia, Rachmah (Unknown)
Mulyanti, Eneng (Unknown)
Nurahma, Siti Selvia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis dampak pendekatan pembelajaran mendalam (Deep learning) terhadap peningkatan kedisiplinan siswa SD menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara kepada guru di SDN Bojong Kiharib yang telah mengimplementasikan deep learning di sekolah, kemudian data dianalisis dengan cara mereduksi, menyajikan, serta menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menemukan empat kategori utama, yaitu: implementasi, tantangan, solusi, dan evaluasi dampak pendekatan deep learning dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Penelitian menyimpulkan bahwa implementasi pendekatan deep learning di SD dapat meningkatkan kedisiplinan siswa melalui strategi pembelajaran berbasis proyek, kontekstual, serta adaptif. Meskipun masih menghadapi tantangan seperti keterbatasan teknologi dan perbedaan kesiapan siswa, pendekatan ini tetap relevan dengan dukungan perencanaan yang matang dan kolaborasi semua pihak. Penelitian ini berkontribusi dalam mendukung implementasi deep learning di SD.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar adalah jurnal nasional yang memuat hasil kajian atau penelitian bidang pendidikan dan pengajaran yang difokuskan pada jenjang Sekolah Dasar atau yang setara. Jurnal ini diterbitkan oleh Edupedia Publisher dan pertama kali terbit bulan Desember tahun 2022. Jurnal ...