SUBSERVE: Community Service and Empowerment Journal
Vol. 3 No. 2 (2025): Juli 2025

PENGUATAN NILAI KERJA SAMA DAN TOLONG MENOLONG PADA ANAK MELALUI DRAMA INTERAKTIF DI TK SIWI KINASIH SURAKARTA

Azizah, Annafi’ Nurul ‘Ilmi (Unknown)
Setiani, Aprilia Doni (Unknown)
Mutiah, Arifah Nabila Nur (Unknown)
Hikmawati, Arfina (Unknown)
Maisyaroh, Cici (Unknown)
Kurniadewi, Luthfi Acintya (Unknown)
Nugrahani, Melati Rahayu (Unknown)
Nabila, Syarafina Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2025

Abstract

Kegiatan pementasan seni drama bertema "Kita Semua Sahabat" ini bertujuan untuk memberitahu kepada anak usia dini bagaimana cara untuk bersikap tolong menolong, bekerjasama, tidak meremehkan bantuan orang lain, kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23 Mei 2025 dengan anak didik sebanyak 13 dari kelompok bermain sampai kelompok besar. Cerita yang disampaikan menggambarkan pentingnya kerja sama, empati, dan solidaritas antar makhluk hidup melalui kisah persahabatan para hewan di Hutan Harmoni. Dengan mengedepankan nilai-nilai kebersamaan, setiap karakter berkontribusi sesuai kemampuan mereka untuk menolong. Cerita ini tidak hanya mengajarkan pentingnya gotong royong, tetapi juga menekankan bahwa setiap makhluk, sekecil apapun, memiliki peran penting dalam menyelesaikan masalah bersama. Nilai-nilai karakter seperti kepedulian, tanggung jawab, dan kerja sama menjadi inti dari kisah inspiratif ini, menjadikannya sebagai media pembelajaran karakter yang efektif bagi anak-anak. Anak-anak antusias dan mampu berpartisipasi aktif dalam pementasan seni drama. Hasil dari  pengabdian dapat mengembangkan aspek perkembangan anak seperti motorik, kognitif, bahasa, sosial, dan emosional. Anak dapat menunjukkan sikap saling tolong menolong, jangan saling meremehkan satu sama lain dan anak dapat bekerjasama untuk saling membantu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

SCSEJ

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

SUBSERVE: Community Service and Empowerment Journal is concerned and published articles related to the practice and processes of community service and empowerment. Every article published is expected to provide insights and inspire activities elsewhere on related ...