Pinisi Journal of Sociology Education Review
Volume 5, Nomor 2 Juli 2025

EFEKTIVITAS MODUL PEMBELAJARAN SOSIOLOGI BERBASIS NILAI LOKKO SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL DI UPTD SMAN 1 MAJENE

Anggryani, Vani (Unknown)
Awaru, Andi Octamaya Tenri (Unknown)
Sadriani, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Efektivitas pencegahan kekerasan seksual dengan menggunakan modul pembelajaran sosiologi berbasis nilai lokko di UPTD SMAN 1 Majene dan 2) Perbedaan pengetahuan mengenai kekerasan seksual peserta didik yang menggunakan dan tidak menggunakan modul pembelajaran sosiologi berbasis nilai lokko di UPTD SMAN 1 Majene. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimental yang berbentuk nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 36 peserta didik kelas X-Sipakatau sebagai kelas kontrol dan 35 peserta didik kelas X-Siama sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk soal pilihan ganda. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, statistik inferensial, uji hipotesis dengan uji-t dan uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan. 1) Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa modul pembelajaran sosiologi berbasis nilai lokko efektif dalam meningkatkan pengetahuan peserta didik di UPTD SMAN 1 Majene tentang pencegahan kekerasan seksual. Dibuktikan dengan perolehan rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen adalah 0,65 atau 65% yang masuk dalam kategori efektif yang lebih tinggi daripada rata-rata N-Gain pada kelas kontrol dengan perolehan rata-rata N-Gain 0,17. 2) Terdapat perbedaan signifikan pengetahuan peserta didik UPTD SMAN 1 Majene mengenai pencegahan kekerasan seksual antara peserta didik yang menggunakan dan tidak menggunakan modul pembelajaran sosiologi berbasis nilai lokko. Dibuktikan dengan hasil uji-t yang menunjukkan nilai Sig(2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari dari 0,05 atau 0,000 < 0,05.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Education

Description

Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study ...