Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Efektivitas pencegahan kekerasan seksual dengan menggunakan modul pembelajaran sosiologi berbasis nilai lokko di UPTD SMAN 1 Majene dan 2) Perbedaan pengetahuan mengenai kekerasan seksual peserta didik yang menggunakan dan tidak menggunakan modul pembelajaran sosiologi berbasis nilai lokko di UPTD SMAN 1 Majene. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimental yang berbentuk nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 36 peserta didik kelas X-Sipakatau sebagai kelas kontrol dan 35 peserta didik kelas X-Siama sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk soal pilihan ganda. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, statistik inferensial, uji hipotesis dengan uji-t dan uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan. 1) Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa modul pembelajaran sosiologi berbasis nilai lokko efektif dalam meningkatkan pengetahuan peserta didik di UPTD SMAN 1 Majene tentang pencegahan kekerasan seksual. Dibuktikan dengan perolehan rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen adalah 0,65 atau 65% yang masuk dalam kategori efektif yang lebih tinggi daripada rata-rata N-Gain pada kelas kontrol dengan perolehan rata-rata N-Gain 0,17. 2) Terdapat perbedaan signifikan pengetahuan peserta didik UPTD SMAN 1 Majene mengenai pencegahan kekerasan seksual antara peserta didik yang menggunakan dan tidak menggunakan modul pembelajaran sosiologi berbasis nilai lokko. Dibuktikan dengan hasil uji-t yang menunjukkan nilai Sig(2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari dari 0,05 atau 0,000 < 0,05.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025