Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Vol. 4 No. 1 (2025): FEBRUARI

PERAN GURU DALAM PENERAPAN LITERASI BACA TULIS MENGGUNAKAN MEDIA BUKU CERITA DI TK ISLAM NURUL HUDA

Suresmi, Eva (Unknown)
Noormawanti, Noormawanti (Unknown)
Marlisa, Lusi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2025

Abstract

Abstrak Literasi baca tulis adalah salah satu cara yang digunakan untuk membangun minat anak dalam membaca. Di TK Islam Nurul Huda pembiasaaan membaca masih sangat rendah, ketertarikan dan minat mereka dalam membaca masih sangat kurang. Di TK Islam Nurul Huda masih banyak siswa yang belum memiliki kesadaran terhadap pentingnya literasi membaca, dan rendahnya kemampuan literasi siswa, seperti masih ada siswa yang belum bisa membaca khususnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan strategi guru dalam meningkatkan literasi baca tulis serta penerapan literasi baca tulis menggunakan buku cerita. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang mengambil data dari lapangan kemudian diteliti dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan literasi di TK Islam Nurul Huda dapat meningkatkan minat membaca dan menulis siswa. Di TK Islam Nurul Huda penerapan kegiatan literasi sudah diterapkan semaksimal mungkin, hal ini terlihat dari antusias siswa yang mulai mampu menerapkan kegiatan membaca dan menulis didalam kelas maupun dirumah. Peran guru tidak hanya mengajar, tetapi juga membimbing siswa dalam menemukan buku bacaan yang tepat. Peran di TK Islam Nurul Huda sudah sangat memenuhi perannya. Di TK Islam Nurul Huda, guru berperan sebagai pengelola pembelajaran sudah berjalan dengan baik

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

thufulah

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Other

Description

Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa is early childhood study journal, are articles of research results such as research and development, quantitative, qualitative, experiment, literature studies, application of theory, critical analysis studies, and islamic studies of childrens education in PAUD and ...