Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Vol. 4 No. 1 (2025): FEBRUARI

PENINGKATKAN LITERASI BACA PADA ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN METODE CANTOL ROUDHOH DI RA SUBULUSSALAM SRIPURNOMO KALIREJO LAMPUNG TENGAH

Rahmawati, Desiana (Unknown)
Tisnawati, Nina (Unknown)
Marlisa, Lusi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2025

Abstract

Pembelajaran pada hakikatnya merupakan proses interaksi komunikasi antara sumber belajar, pendidik dan peserta didik. Belajar dan pembelajaran merupakan usaha seorang pendidik untuk mengarahkan atau membimbing peserta didik demi tercapainya tujuan yang di harapkan. Hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik sebagai hasil dari kegiatan belajar, dan sebagai seorang guru haruslah mampu memggunalan bermacam-macam cara atau metode dalam proses pembelajaran dalam rangka mencapai tujuan yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Metode Cantol Roudhoh untuk meningkatkan literasi bacaan anak usia dini. Pendekatan penelitian menggunakan mixed-method dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari Kemmis dan Mc Taggart, dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilakukan lima kali pertemuan, dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket,wawancara, dokumentasi.Subyek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas B RA Subulussalam Sripurnomo Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah dengan jumlah 34 peserta didik.Data dikumpulkan melalui lembar angket pada setiap siklus. Analisis data penelitian ini menggunakan model analisis data Miles Dan Huberman. Hasil penelitian ini pada siklus pertama peningkatan dalam minat baca anak, yang terlihat dari hasil angket, namun peningkatan yang optimal belum tercapai. Penelitian ini memberikan kontribusi pada strategi pembelajaran literasi yang lebih efektif .Persentase dalam data angket juga meningkat. Pada pra survei persentase mengenai minat baca sebesar 48.8%. siklus I sebesar 68,8%, dan siklus II sebesar 94%. Diharapkan metode Cantol Roudhoh dapat membantu anak memahami huruf konsonan dengan lebih baik dan meningkatkan minat baca secara berkelanjutan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

thufulah

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Other

Description

Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa is early childhood study journal, are articles of research results such as research and development, quantitative, qualitative, experiment, literature studies, application of theory, critical analysis studies, and islamic studies of childrens education in PAUD and ...