Penguasaan kosakata khusus dalam pembelajaran bahasa inggris menjadi tantangan bagi anak-anak di LKSA Yayasan Panti Asuhan Sumber Karya El Ministry karena keterbatasan dalam metode ataupun pendekatan pembelajaran yang menarik dan interaktif. Pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan penguasaan kosakata dan juga minat belajar anak melalui pendekatan game based learning (GBL). Dalam kegiatan ini metode yang digunakan adalah Asset-Based Community Development (ABCD) dengan pelaksanaan pembelajaran berbasis permainan selama lima pertemuan tanpa menghitung pembuka dan penutup. Hasil dari kegiatan menunjukan adanya peningkatan penguasaan kosakata sebesar 27,4% serta peningkatan minat, partisipasi aktif, dan kepercayaan diri anak-anak dalam belajar bahasa inggris. Pembelajaran dengan Game Based Learning (GBL) menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan inklusif. Temuan ini menegaskan bahwa GBL efektif sebagai alternatif metode pembelajaran bahasa Inggris di lingkungan dengan keterbatasan sumber daya.
Copyrights © 2025