Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 17 No 2 (2025): Juli 2025

Team Games Tournament: Peningkatan Pemahaman Materi dan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran IPS

Nuswantari, Nuswantari (Unknown)
Sari, Maya Kartika (Unknown)
Hasirun, La Ode (Unknown)
Tyas, Pingky (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi dan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS melalui metode Team Games Turnamen di kelas 8b SMPN 6 Madiun. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart, yang direalisasikan melalui dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini 30 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan pengamatan langsung selama proses pembelajaran. Indikator keberhasilan yakni 75%. Hasil pengamatan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keaktifan siswa. Keaktifan siswa pada pra-siklus mencapai 30%, siklus I meningkat hingga 53%, dan siklus II meningkat hingga 80%. Dari penelitian ini, menjelaskan hasil yang dapat disimpulkan bahwa direalisasikannya metode Teams Games Tournament (TGT) berhasil menciptakan keaktifan siswa dalam pembelajaran di kelas 8B SMPN 6 Madiun.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

konstruktivisme

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran publishes the original papers of research articles or reviews discussing the issues of primary to higher education in the fields of: Language and language education Social and humanities education Science education Education issues and policy ...