Tantangan peserta didik di abad 21 jauh lebih berat karena peserta didik di tuntut menguasai kecakapan literasi, kompetensi global, karakter, serta jati diri sebagai bagian dari suatu bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan website etnomatematika berbasis kemampuan literasi matematis peserta didik berdasarkan kriteria kevalidan dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan tiga tahap dari model 4D, yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Subjek penelitian terdiri dari 24 peserta didik kelas VIII di SMP IT Wahdatul Ummah. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi untuk penilaian ahli, dan angket respon untuk penilaian respon peserta didik dan pendidik. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website yang telah dikembangkan dinyatakan layak digunakan berdasarkan uji validitas dan uji kepraktisan. Berdasarkan penilaian validator ahli media diperoleh skor rata-rata 86,66 dengan kategori sangat valid, dan validasi ahli materi 89,74 dengan kategori sangat valid. Selanjutnya, berdasarkan uji kepraktisan produk diperoleh skor rata-rata 79 berkategori praktis. Sehingga, website etnomatematika dinyatakan layak berdasarkan kriteria valid dan praktis.
Copyrights © 2025