SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 9, No 4 (2025): Juli

Pelatihan penulisan artikel ilmiah untuk menunjang jabatan fungsional bagi guru MTS Nurul Ishlah Gegelang Lombok Barat

Utami, Linda Sekar (Unknown)
Ramadhan, M. Firman (Unknown)
Zulkarnain, Zulkarnain (Unknown)
Oktaviani, Emilia (Unknown)
Rupiati, Riski Mini (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

AbstrakPelatihan penulisan artikel ilmiah merupakan langkah penting dalam mendukung pengembangan profesionalisme guru, khususnya untuk memenuhi persyaratan kenaikan jabatan fungsional. Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan di MTs Nurul Ishlah Gegelang dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menulis artikel ilmiah yang layak publikasi. Pelatihan ini diikuti oleh para guru yang diharapkan dapat menghasilkan artikel yang sesuai dengan standar jurnal ilmiah dan memiliki kontribusi bagi bidang pendidikan. Metode pelatihan mencakup sesi teori tentang struktur artikel ilmiah, teknik penulisan yang efektif, serta proses publikasi. Selain itu, sesi praktik memberikan kesempatan bagi peserta untuk menulis dan mendapatkan umpan balik dari para fasilitator. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman dan kemampuan guru dalam menyusun artikel ilmiah, serta menumbuhkan motivasi untuk aktif berkontribusi dalam publikasi ilmiah. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para guru dapat lebih mudah mencapai persyaratan jabatan fungsional dan terus berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan. Kata kunci: pelatihan; artikel ilmiah; jabatan fungsional AbstractScientific Article Writing Training is an important step in supporting the professional development of teachers, particularly in meeting the requirements for functional position promotion. This training was held at MTs Nurul Ishlah Gegelang with the aim of enhancing teachers’ understanding and skills in writing publishable scientific articles. The training was attended by teachers who were expected to produce articles that meet scientific journal standards and contribute to the field of education. The training methods included theoretical sessions on the structure of scientific articles, effective writing techniques, and the publication process. In addition, practical sessions provided participants with the opportunity to write and receive feedback from facilitators. The results of the training showed an improvement in teachers’ understanding and ability to write scientific articles, as well as increased motivation to actively contribute to scientific publications. Through this training, it is hoped that teachers will be better able to meet the requirements for functional promotion and continue to play a role in the advancement of science and education. Keywords: trining; scientific article; academic rank

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan merupakan jurnal yang mendiseminasikan setiap pemikiran dan ide gagasan atas hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi untuk diimplementasikan kepada masyarakat mencakup ; (1). Bidang ilmu pengetahuan ; MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi), ...