Studi ini menyajikan Tinjauan Literatur Sistematis (LSR) yang berfokus pada pengembangan dan implementasi penilaian cerdas menggunakan teknologi berkelanjutan dalam pembelajaran interaktif untuk sekolah menengah, dengan menekankan dukungan terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Tinjauan ini secara sistematis menganalisis artikel-artikel yang telah melalui tinjauan sejawat yang diterbitkan antara tahun 2014 dan 2024, yang bersumber dari basis data seperti Scopus, Web of Science, dan Google Scholar, menggunakan Publish or Perish dari Harzing untuk analisis sitasi dan pedoman PRISMA untuk pemilihan studi. Kriteria inklusi mencakup studi tentang perangkat penilaian digital, integrasi teknologi hijau, dan strategi pembelajaran interaktif yang berkaitan dengan pendidikan menengah dan keberlanjutan. Temuan ini mengungkapkan bahwa penilaian cerdas—seperti kuis berbasis AI, platform umpan balik waktu nyata, dan modul pembelajaran gamifikasi—semakin banyak diadopsi untuk meningkatkan keterlibatan siswa, mendorong literasi lingkungan, dan mendorong perilaku berkelanjutan. Namun, tantangan seperti skalabilitas yang terbatas, disparitas infrastruktur, dan kurangnya studi longitudinal mengenai dampaknya masih ada. Implikasi praktis menunjukkan bahwa para pendidik dan pembuat kebijakan harus memprioritaskan pengembangan profesional dan investasi infrastruktur untuk memaksimalkan manfaat teknologi berkelanjutan dalam penilaian. Keterbatasan tinjauan ini mencakup potensi bias publikasi dan batasan bahasa, karena hanya artikel berbahasa Inggris yang disertakan. Tinjauan ini menawarkan sintesis komprehensif mengenai tren, tantangan, dan peluang terkini, memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti untuk memajukan inovasi pendidikan dan mendukung transformasi pendidikan menengah menuju masa depan yang berkelanjutan
Copyrights © 2025