Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui produk akhir dari pengembangan LKPD yang mengadaptasi permainan ular tangga; (2) menilai kelayakan LKPD berbasis permainan tersebut sebagai suplemen pembelajaran pada topik bumbu dan rempah di SMK, khususnya pada elemen Praktik Dasar Memasak Secara Menyeluruh dalam bidang kuliner; serta (3) mengidentifikasi tanggapan siswa SMK terhadap penggunaan LKPD hasil pengembangan dalam pembelajaran berbasis permainan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan pendekatan model ADDIE. Proses pengumpulan data melibatkan enam validator, yang terdiri dari tiga ahli materi dan tiga ahli media, serta melibatkan 30 siswa dari SMKN 1 Dlanggu sebagai subjek uji coba. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah berhasil dikembangkan media berupa papan permainan ular tangga beserta komponennya; (2) berdasarkan hasil validasi, baik soal maupun media dinyatakan sangat layak untuk digunakan; dan (3) tanggapan siswa terhadap media sangat positif dengan rata-rata persentase sebesar 86%, yang menunjukkan bahwa LKPD berbasis permainan ini layak dijadikan sebagai media pembelajaran alternatif.
Copyrights © 2025