Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Vol 3 No 2 (2025)

Implementasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 25 Padang

Jamiat, Ahmad (Unknown)
Rehani, Rehani (Unknown)
Darmansyah, Darmansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VII.4 SMPN 25 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe one group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang diberikan sebelum dan sesudah penerapan model. Hasil analisis deskriptif menunjukkan peningkatan rata-rata nilai dari 62,3 pada pretest menjadi 79,1 pada posttest. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,001 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model NHT efektif meningkatkan hasil belajar Matematika siswa. Model ini juga mendorong keterlibatan aktif, diskusi kolaboratif, dan tanggung jawab kolektif dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jitk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of ...