JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan)
Vol. 9 No. 2 (2025): JULY

Strategi Peningkatan Motivasi Kerja dan Kinerja Tenaga Pendidik Melalui Supervisi Akademik Berbasis Coaching

Hapizatul Aini, Nurul (Unknown)
Citriadin, Yudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2025

Abstract

Dunia pendidikan modern dihadapkan pada tantangan peningkatan kualitas sumber daya manusia, khususnya guru yang memiliki peran sentral dalam keberhasilan proses pembelajaran. Rendahnya motivasi kerja dan kinerja guru menjadi permasalahan strategis yang dapat menghambat tercapainya tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran strategis supervisi akademik berbasis coaching dalam meningkatkan motivasi kerja dan kinerja guru. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka (systematic literature review) dengan teknik pengumpulan data melalui penelusuran buku referensi, artikel ilmiah, jurnal, serta penelitian terdahulu yang relevan. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui klasifikasi, interpretasi, dan sintesis informasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa supervisi akademik berbasis coaching mampu meningkatkan motivasi intrinsik guru dengan memenuhi tiga kebutuhan dasar psikologis yaitu otonomi, kompetensi, dan keterhubungan sosial. Melalui proses reflektif dan dialogis, coaching membantu guru membangun rasa percaya diri, memahami kekuatan dan kelemahan pribadi, serta meningkatkan self-efficacy. Hal ini berdampak langsung pada peningkatan kinerja guru, yang tercermin dari meningkatnya komitmen profesional, kreativitas dalam pembelajaran, serta tanggung jawab terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, supervisi berbasis coaching tidak hanya efektif dalam membangun motivasi kerja, tetapi juga dalam mendorong peningkatan kinerja guru secara berkelanjutan, yang pada akhirnya mendukung pencapaian mutu pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpap

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan) (p-ISSN: 2548-6233; e-ISSN: 2548-6241) is a peer-reviewed journal published since 2016 by the Postgraduate University of Mataram. The Journal of Educational Administration Practitioners is an integrated media for continuous communication with important ...