Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran monopoli berbasis kearifan lokal sasak yang valid dan praktis pada pembelajaran IPAS kelas IV di SDN 40 Cakranegara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisi data menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan media pembelajaan monopoli berbasis kearifan lokal sasak dari ahli media dan ahli materi dengan kriteria sangat valid dengan presentase ahli media 89% dan ahli materi dengan presentase 93% dan pada uji kelompok kecil dan uji kelompok besar dengan kriteria sangat praktis dengan presentase kelompok kecil 94% dan kelompok besar 91%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian bahwa pengembangan media pembelajaran monopoli berbasis kearifan lokal sasak pada pembelajaran IPAS kelas IV yang diperoleh maka media pembelajaran monopoli berbasis kearifan lokal sasak dapat dinyatakan telah valid dan praktis. Media pembelajaran monopoli ini didesain dengan beranekaragam gambar kearifan lokal suku sasak dan dengan bahan yang praktis sehingga dapat mudah untuk dipindah – pindahkan sehingga pada proses pembelajaran dapat memudaahkan guru dalam penggunaan media pembelajaran. Alasan pemilihan permainan monopoli dijadikan sebagai media pembelajaran yakni petak permainan dapat digunakan beberapa kali, persiapan saat proses pembelajaran lebih efektif, dan media mudah dimaninkan.
Copyrights © 2025