JOURNAL OF MEDICAL RECORDS AND HELATH INFORMATION
Vol 6 No 2 (2025): JOURNAL OF MEDICAL RECORDS AND HEALTH INFORMATION

Optimalisasi OPTIMALISASI CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) PADA PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI RSU AMINAH BLITAR

Putri, Fenanda (Unknown)
Rusdi, Achmad (Unknown)
Afifah, Lilik (Unknown)
Veninda, Nabella (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

RSU Aminah Blitar merupakan salah satu rumah sakit unggulan yang menjadi pilihan masyarakat untuk memperoleh layanan kesehatan. Tingginya jumlah kunjungan pasien rawat jalan setiap harinya mencerminkan suatu pencapaian dan tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi. Namun hal ini dapat menjadi tantangan dalam pengelolaan pelayanan terutama pada bagian pendaftaran pasien rawat jalan. Di RSU Aminah Blitar terdapat tiga jenis kategori pasien dalam proses pendaftaran, yakni pasien umum, pasien BPJS, dan pasien asuransi. Seringkali pasien mengalami kebingungan terkait persyaratan dan prosedur pendaftaran yang berlaku untuk masing-masing kategori, sehingga dapat mempengaruhi pada kualitas dan kecepatan pelayanan. Oleh karena itu, perlu adanya alur pendaftaran pasien yang terstruktur dan sesuai dengan masing-masing jenis pasien. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pelayanan melalui penerapan CRM (Customer Relationship Management). Dengan penerapan CRM, maka diharapkan pasien memahami tentang persyaratan dan prosedur pendaftaran rawat jalan, sehingga pelayanan menjadi lebih optimal, efisien serta dapat meningkatkan kepuasan pasien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah motode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun instrumen yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan yang menjadi faktor utama permasalahan adalah terkait belum adanya alur pendaftaran pasien rawat jalan yang berdampak pasien belum paham tentang syarat dan alur mendaftar rawat jalan. Desain alur pendaftaran pasien rawat jalan dibuat berdasarkarkan SPO yang berlaku. Pentingnya diterapkan pembuatan alur pendaftaran pasien rawat jalan dan dilakukan sosialisasi serta monitoring evaluasi alur.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

1

Publisher

Subject

Humanities Education Health Professions Public Health Social Sciences

Description

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, atas berkat dan rahmat Nya kamidapat kembali hadir untuk menyajikan artikel-artikel terkini pada JRMIK: Jurnal Rekam Medis & Informasi Kesehatan Volume 03 Nomor 02 Edisi Juni, Tahun 2022. Semua artikel yang dimuat pada Jurnal ini telah diseleksi dan ...