Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 2 No. 4 (2025): July

Implementasi Pendidikan Anti Bullying Pada Anak Usia Dini di TK IT LA BA BA

Firdausy, Angelina (Unknown)
Handayani, Arri (Unknown)
Rakhmawati, Dini (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjabarkan implementasi pendidikan anti bullying di TK IT LA BA BA Mranggen Demak sebagai upaya pencegahan tindakan perundungan pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sehingga memberikan gambaran mendalam mengenai strategi dan metode yang diterapkan dalam pendidikan anti bullying di TK tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK IT LA BA BA menerapkan berbagai metode yang disesuaikan dengan karakteristik anak usia dini. Metode bernyanyi digunakan untuk mengajarkan nilai-nilai anti bullying melalui lagu-lagu yang mudah dipahami anak, sedangkan metode bercerita dimanfaatkan oleh guru untuk menyampaikan pesan moral tentang pentingnya saling menghormati dan tidak melakukan perundungan. Selain itu, materi pembelajaran yang bermuatan nilai moral dan pendidikan agama diintegrasikan dalam kegiatan belajar mengajar untuk menanamkan nilai-nilai positif secara konsisten. Metode pembiasaan juga diterapkan dengan membiasakan anak berperilaku baik, saling membantu, dan menghargai teman dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Keterlibatan orang tua melalui kegiatan parenting menjadi bagian penting dalam memperkuat pemahaman dan peran mereka dalam mencegah bullying, baik di lingkungan rumah maupun sekolah. Pendekatan holistik yang diterapkan terbukti efektif dalam menanamkan karakter positif dan mencegah terjadinya bullying di lingkungan sekolah. Implementasi pendidikan anti bullying di TK IT LA BA BA telah berhasil disesuaikan dengan kebutuhan anak usia dini melalui penanaman karakter yang menyeluruh, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi anak, serta mendukung perkembangan sosial dan emosional mereka secara optimal. Selain itu, keberhasilan ini juga menunjukkan pentingnya sinergi antara guru, anak, dan orang tua dalam membangun budaya sekolah yang bebas dari bullying dan penuh rasa empati.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

paud

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ISSN 3026-4081 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. PAUD publishes four issues annually in the months of October, January, April, and July. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not ...