MAXIMAL
Vol 2 No 6 (2025): Agustus

Implementasi P5P2RA dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik di MI Al Hafza Islamic Global School

Abyena Hafza (Unknown)
Sapri Sapri (Unknown)
Faqih Hakim Hasibuan (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ’Alamin (P5P2RA) Dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Di MI Al Hafza Islamic Global School. Kreativitas merupakan salah satu kompetensi abad ke-21 yang penting dikembangkan sejak dini, dan P5P2RA hadir sebagai inovasi dalam pembelajaran berbasis projek yang mengintegrasikan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dengan pendekatan reflektif dan aksi nyata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi P5P2RA mampu menciptakan lingkungan belajar yang mendorong peserta didik untuk berpikir kritis, berani mengemukakan ide, serta menghasilkan karya-karya kreatif yang relevan dengan tema pembelajaran. Pendidik berperan sebagai fasilitator yang membimbing peserta didik dalam proses eksplorasi, refleksi, dan aksi. Hambatan yang dihadapi meliputi perbedaan minat dan bakat peserta didik dan sumber daya, namun dapat diatasi melalui kolaborasi antar pendidik dan pemanfaatan sumber belajar yang variatif. Kesimpulannya, model P5P2RA efektif dalam meningkatkan kreativitas peserta didik dan layak diterapkan secara berkelanjutan dalam pembelajaran di tingkat MI.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

MAKSI

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance

Description

MAXIMAL JOURNAL is accepts manuscripts of research results and study results that bring up scientific and actual ideas in the fields of Social, Political, Law, Economics, Culture, Technology, and Education both in Indonesian and ...