Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 2 (2025): Vol. 5 No. 2 Edisi Mei 2025

PENGARUH POJOK BACA TERHADAP PERILAKU LITERASI KREATIF ANAK SEKOLAH DASAR

Sitanggang, Rohayati Sitanggang (Unknown)
Srie Faizah Lisnasari (Unknown)
Jainab (Unknown)
Restio Sidebang (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pojok baca terhadap minat baca dan kreativitas siswa kelas 5 SD Swasta Anugrah. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik dokumentasi sebagai sumber data utama, yang mencatat frekuensi kunjungan membaca dan jenis bacaan yang dipilih siswa selama Februari hingga Juni 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata siswa melakukan kunjungan membaca sebanyak 15 kali, dengan preferensi bacaan dominan pada cerita fiksi anak. Siswa yang sering membaca menunjukkan variasi bacaan yang lebih tinggi dan terlibat dalam aktivitas kreatif seperti menggambar tokoh cerita, menulis ulang, dan menceritakan kembali isi bacaan. Temuan ini mengindikasikan bahwa pojok baca tidak hanya meningkatkan minat baca, tetapi juga memberikan ruang bagi pengembangan kreativitas siswa. Penelitian ini merekomendasikan penguatan koleksi bacaan dan pengembangan aktivitas literasi lanjutan sebagai strategi peningkatan kualitas pendidikan literasi dasar. Kata Kunci: Minat Baca, Kreativitas, Pojok Baca, Literasi Siswa, Pendidikan Dasar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...