Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pojok baca terhadap minat baca dan kreativitas siswa kelas 5 SD Swasta Anugrah. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik dokumentasi sebagai sumber data utama, yang mencatat frekuensi kunjungan membaca dan jenis bacaan yang dipilih siswa selama Februari hingga Juni 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata siswa melakukan kunjungan membaca sebanyak 15 kali, dengan preferensi bacaan dominan pada cerita fiksi anak. Siswa yang sering membaca menunjukkan variasi bacaan yang lebih tinggi dan terlibat dalam aktivitas kreatif seperti menggambar tokoh cerita, menulis ulang, dan menceritakan kembali isi bacaan. Temuan ini mengindikasikan bahwa pojok baca tidak hanya meningkatkan minat baca, tetapi juga memberikan ruang bagi pengembangan kreativitas siswa. Penelitian ini merekomendasikan penguatan koleksi bacaan dan pengembangan aktivitas literasi lanjutan sebagai strategi peningkatan kualitas pendidikan literasi dasar. Kata Kunci: Minat Baca, Kreativitas, Pojok Baca, Literasi Siswa, Pendidikan Dasar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025