Perencanaan strategis merupakan pilar utama dalam manajemen pendidikan Islam untuk menciptakan lembaga yang adaptif dan berkualitas di tengah dinamika globalisasi. Realitas menunjukkan bahwa sebagian besar madrasah belum menjadikan perencanaan sebagai fondasi tata kelola institusi, sehingga respon terhadap tantangan eksternal sering kali lambat dan kurang terukur. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara teoritis dan empiris konsep, paradigma, strategi, serta langkah-langkah perencanaan strategis dalam pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research) dan analisis normatif-deskriptif. Hasil kajian menunjukkan bahwa implementasi perencanaan yang sistematis membutuhkan pemahaman terhadap lingkungan internal dan eksternal lembaga, disertai strategi formulasi yang matang serta pemilihan model dan metode yang tepat. Penguatan aspek perencanaan strategis menjadi urgensi agar lembaga pendidikan Islam mampu bersaing secara berkelanjutan dan menghadirkan sistem pendidikan yang selaras dengan nilai-nilai keislaman dan kebutuhan zaman.
Copyrights © 2025