Mesada: Journal of Innovative Research
Vol. 2 No. 2 (2025): July-December

Peran Guru Tahfidz dan Guru Mengaji dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Pondok Tahfidz Hj. Shofiyah Kec. Sunggal

Julaiha (Unknown)
Juliani (Unknown)
Citra Aulia Rahmi (Unknown)
Hesti Indah Sari (Unknown)
Dhea Puja Puspita (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru tahfidz dan guru mengaji dalam membentuk karakter peserta didik di Pondok Tahfidz Hj. Shofiyah, Kecamatan Sunggal. Dengan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru tahfidz dan guru mengaji tidak hanya berperan sebagai pengajar hafalan dan bacaan Al-Qur'an, tetapi juga sebagai pembimbing moral dan spiritual bagi santri. Tantangan seperti perbedaan karakter peserta didik dan pengaruh lingkungan negatif dihadapi dengan strategi adaptif, seperti pendekatan individual dan metode motivasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi pendidikan Al-Qur'an, bimbingan moral, dan keteladanan guru sangat penting dalam membentuk peserta didik yang berakhlak mulia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mesada

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Other

Description

The focus and scope of Mesada: Journal of Innovative Research is on various issues in multidisciplinary fields, both as material objects and formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners, and observers of interdisciplinary studies to publish their research results in ...