Perkembangan teknologi informasi yang pesat menuntut guru sekolah dasar untuk mampu mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran secara efektif. Namun, realitas di lapangan menunjukkan bahwa banyak guru masih mengalami keterbatasan dalam hal pemahaman, keterampilan, dan kepercayaan diri untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan guru sekolah dasar melalui pendekatan pedagogical mentoring berbasis teknologi yang partisipatif dan kontekstual. Metode pengabdian yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) dengan melibatkan 20 guru dari dua sekolah dasar di Pekanbaru, Riau. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan, pendampingan praktik mengajar, dan forum refleksi kolaboratif. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman, keterampilan, dan inisiatif guru dalam mengintegrasikan teknologi pembelajaran. Analisis korelasi juga mengungkap hubungan yang kuat antara tingkat partisipasi dengan peningkatan kompetensi guru. Kesimpulannya, model mentoring berbasis teknologi yang bersifat reflektif dan kolaboratif efektif dalam meningkatkan kapasitas guru, serta membangun budaya belajar yang berkelanjutan di sekolah. Pengabdian ini berkontribusi pada pengembangan model pemberdayaan guru yang lebih humanis, kontekstual, dan adaptif terhadap tantangan pembelajaran abad 21.
Copyrights © 2025