Jurnal Kiprah Pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2025): Jurnal Kiprah Pendidikan | Juli 2025

Implementasi Pendekatan Joyful Learning Berbasis Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar

Kusmana, Dinda Afrisa (Unknown)
Putri, Sheryl Mutiara (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2025

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPAS di sekolah dasar disebabkan oleh dominasi metode pembelajaran konvensional yang monoton dan tidak sesuai dengan pengalaman nyata siswa, sehingga mereka kesulitan memahami konsep, kurang aktif berdiskusi, dan tidak menunjukkan minat belajar yang tinggi.  Untuk menanggapi permasalahan tersebut, studi pendahuluan dilakukan melalui observasi dan wawancara bersama guru serta siswa, kemudian diperkuat dengan kajian literatur guna memperoleh gambaran yang lebih komprehensif. Hasil observasi mengungkapkan bahwa pendekatan joyful learning berbasis metode role playing belum diterapkan di sekolah tersebut. Berdasarkan temuan yang diperoleh, pendekatan ini menunjukkan potensi yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan layak dijadikan alternatif pembelajaran yang inovatif serta menyenangkan di tingkat sekolah dasar. Berdasarkan urgensi peningkatan kualitas pembelajaran, pendekatan ini perlu diujicobakan secara langsung agar manfaatnya dapat terukur secara ilmiah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal ...