Jurnal Kiprah Pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2025): Jurnal Kiprah Pendidikan | Juli 2025

Penerapan FERMATA AI dalam Pendidikan Musik untuk Meningkatkan Personal Awareness Mahasiswa Musik

Jaohari, Enry Johan (Unknown)
Soeteja, Zakarias Sukarya (Unknown)
Ramadhan, Muhammad Yuda (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan sistem digital FERMATA AI dalam pendidikan musik guna meningkatkan personal awareness mahasiswa terhadap identitas musikal dan orientasi karier mereka. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan model pengembangan berbasis praktik edukatif. Subjek penelitian mencakup mahasiswa dan alumni program studi musik yang mengikuti lima fase refleksi melalui sistem berbasis kecerdasan buatan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, analisis narasi, angket formatif, dan studi kasus longitudinal. Data dianalisis menggunakan pendekatan tematik interpretatif dengan koding reflektif dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem FERMATA AI membantu mahasiswa membentuk pemahaman yang terstruktur mengenai pengalaman musikal, nilai ekspresi, dan posisi personal dalam praktik musik. Sistem ini memfasilitasi proses refleksi naratif yang mendalam, membangun agensi estetik, serta mendorong penyusunan identitas musikal dan strategi profesional secara sadar. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi sistem digital reflektif ke dalam pembelajaran musik memberikan kontribusi signifikan terhadap penguatan kesadaran diri dan relevansi kurikulum dengan kebutuhan industri kreatif masa kini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal ...