MediaKom : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Vol 15, No 1 (2025): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Pinjam Wifi Global’s Digital Marketing Communication Strategy Through Instagram: Enhancing Consumer Purchase Intentionsi

Susanto, Agung (Unknown)
Tomohardjo, Irmulansati (Unknown)
Budianto, Heri (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2025

Abstract

Persaingan bisnis yang semakin ketat mendorong perusahaan untuk menerapkan strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Pinjam Wifi memanfaatkan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran karena banyak penggunanya yang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran Pinjam Wifi melalui Instagram menggunakan model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) dari Sugiyama dan Andree. Dengan metode kualitatif dan studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumen internal perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pinjam Wifi menjalankan tahapan AISAS dengan strategi seperti iklan berbayar (Attention), kampanye promo dan diskon (Interest), penggunaan hashtag (Search), pembuatan berbagai jenis konten untuk membentuk engagement (Action), serta ulasan pelanggan yang dibagikan di Instagram (Share). Selain itu, strategi push & pull marketing diterapkan melalui iklan berbayar, distribusi retail, dan konten bisnis. Strategi ini berhasil membentuk penjualan produk dan engagement rate Instagram Pinjam Wifi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mediakom

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

MediaKom Jurnal Ilmiah Komunikasi diterbitkan oleh Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu buana, terbit 2 (dua) kali dalam satu tahun yaitu edisi Juni dan Edisi Desember. Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi menerima tulisan dengan tema corporate dan marketing communication, political ...