Abstract: This study explores Madrasah Ibtidaiyah teachers' understanding of mathematical concepts and numeracy literacy based on gender and working period. Using a qualitative descriptive method, the study involved one male and two female teachers with less than 10 years of working period and one male and two female teachers with more than 10 years of working period. Data were collected through tests and interviews. Validated through methodological triangulation, and analyzed using data condensation, display, and conclusion. The results show that male teachers have a moderate level of understanding, while female teachers fall into the high category, indicating gender and working period differences in mathematical and numeracy literacy. Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil pemahaman konsep matematika dan literasi numerasi guru kelas Madrasah Ibtidaiyah berdasarkan gender dan masa kerja. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek satu guru laki-laki dan dua guru perempuan untuk masa kerja kurang dari 10 tahun, dan satu guru laki-laki dan dua guru perempuan untuk masa kerja lebih dari 10 tahun. Pengumpulan data melalui tes pemahaman konsep matematika dan literasi numerasi serta wawancara. Triangulasi teknik digunakan untuk validasi data. Analisis data dilakukan melalui kondensasi data, penyajian, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep matematika dan literasi numerasi guru laki-laki berada pada kategori sedang, sedangkan guru perempuan berada pada kategori tinggi. Temuan ini mengindikasikan adanya perbedaan pemahaman matematika dan literasi numerasi berdasarkan gender dan masa kerja.
Copyrights © 2025