Parataksis: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia
Vol. 8 No. 2 (2025): Parataksis: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia

TINDAK TUTUR GURU DALAM MENGELOLA INTERAKSI PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 3 KAYUAGUNG

sartika, Nining (Unknown)
Wardiah, Dessy (Unknown)
Rukiyah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Interaksi pembelajaran di ruang kelas merupakan salah satu komponen utama yang menentukan keberhasilan proses pendidikan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bentuk-bentuk tindak tutur guru berdasarkan konteksnya dalam mengelola interaksi pembelajaran di SMK Negeri 3 Kayuagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Kayuagung dengan 6 orang guru yang menjadi objek penelitian yaitu guru agama, bahasa indonesia, bimbingan konseling, muatan lokal, akuntansi, dan dasar akuntansi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik rekam, simak dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Ditemukan dua jenis tindak tutur berdasarkan konteksnya dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 3 Kayuagung yaitu 25 tuturan langsung dan 3 tuturan tidak langsung, 2. Tuturan yang sering muncul yaitu tuturan langsung, 3. Tuturan yang jarang muncul yaitu tuturan tidak langsung. Kata Kunci: Tindak Tutur, Kesantunan, Guru

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

parataksis

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Parataksis adalah jurnal program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang. Jurnal ini berisi tentang penelitian dan kajian pustaka dosen, mahasiswa, guru, dan umum mengenai Bahasa dan Sastra ...