Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa di SDN 007 sangkulirang serta bagaimana Implementasi Metode Talking Stick dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Mixed Metods ( metode campuran). Sementara jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindak Kelas (PTK) ada. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, Tes dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan teknis analisis data kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) sebelum diterapkannya metode talking stick hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Faktor utama yang menyebabkan rendahnya hasil belajar ini adalah dominasi metode ceramah yang membuat siswa menjadi pasif. 2) Setelah diterapkannya metode talking stick, terjadi peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa, ditunjukkan dengan meningkatnya tingkat ketuntasan serta rata-rata nilai siswa. Dari analisis rata-rata hasil belajar dan ketuntasan hasil belajar secara klasikal diperoleh data yaitu pada pra siklus 46,66 dengan presentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal 20,83%, pada siklus I rata-rata nilai 51,25 dengan presentase ketuntasan belajar 45,83%, pada siklus II nilai rata-rata 80,41 dengan presentase ketuntasan 75%. Metode ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, menumbuhkan motivasi belajar, serta memperdalam pemahaman konsep melalui interaksi sosial.
Copyrights © 2025