Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan belajar yang positif dan inklusif di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Syababul Qorib melalui pendekatan humor sebagai strategi pedagogis. Berangkat dari permasalahan rendahnya partisipasi siswa, kurangnya variasi metode pembelajaran guru, serta belum optimalnya praktik inklusi, program ini melibatkan 15 guru dan 30 siswa dalam serangkaian pelatihan, penerapan di kelas, dan pendampingan. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterlibatan siswa, kreativitas guru, dan kesadaran terhadap keberagaman peserta didik. Humor yang disisipkan secara kontekstual terbukti menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, merangsang interaksi sosial, dan memperkuat relasi afektif antara guru dan siswa. Temuan ini menegaskan bahwa humor tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, melainkan juga sebagai strategi pembelajaran yang inklusif, efektif, dan berkelanjutan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025