Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 18 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TPS dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction, masing-masing berjumlah 31 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui tes uraian dan pilihan ganda yang mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran TPS terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPS. Keterbaruan dari penelitian ini terletak pada penerapan model pembelajaran TPS dalam pembelajaran IPS di jenjang SMP dengan fokus pada pengembangan kemampuan berpikir kritis, yang selama ini lebih sering diterapkan pada mata pelajaran eksakta di tingkat dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025