Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beberapa karya ilmiah yang disajikan dibeberapa jurnal tentang: Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Prokrastinasi Peserta Didik, Penelitian dilaksanakan mengingat betapa cepatnya perkembangan teknologi saat ini yang berdampak langsung terhadap perilaku prokrastinasi peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menggabungkan penelitian pustaka dan penelitian kualitatif. Penelitian ini mengidentifikasi dan mengkaji bagaimana dampak penggunaan media sosial yang dilakukan oleh peserta didik terhadap perilaku prokrastinasi peserta didik tersebut. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik, mahasiswa, orangtuaĀ  dan karya publikasi ilmiah dari berbagai jurnal ilmiah, Hasil analisis menunjukkan bahwa dampak penggunaan media sosial terhadap perilaku prokrastinasiĀ  peserta didik terjadi karena ketika diberikan tugas oleh guru, siswa kurang tertarik dan kurang senang sehingga peserta didik menunda untuk mengerjakannya, peserta didik lebih banyak berselancar di media sosialnya, karena dengan menggunakan gadget nya peserta didik bisa menikmati banyak hak yang membuat dia senang seperti video yang menyajikan kehidupan banyak hal sekalipun itu tidak berhubungan dengan kebutuhan peserta didik dan yang jelas wakgtu untuk belajar menjadi kurang. Untuk mengatasi perilaku prokrastinasi perlu kompetensi guru dalam membangun model pembelajaran kelompok atau diskusi kelompok dengan pendampingan baik dari guru maupun orangtua. Guru memberikan tema yang akan dikerjakan oleh kelompok dengan petunjuk yang jelas. Ketika diskusi kelomopok dilakukan di sekolah maka guru yang memberikan pendampingan, namun bila diskusi kelompok di rumah maka orangtua perlu diinformasikan melalui whatshapp grup wali peserta didik agar dapat memperhatikan peserta didik dalam diskusi kelompok, hal tersebut untuk mengurangi perilaku prokrastinasi pada diri peserta didik
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025