Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 3 (2025)

Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak di Sekolah Dasar

Haniman, Deska (Unknown)
Febriani, Citra (Unknown)
Misweniati, Liyul (Unknown)
Nurhaswinda, Nurhaswinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2025

Abstract

Perkembangan sosial dan emosional anak di usia sekolah dasar sangat penting karena berpengaruh pada kemampuan mereka untuk berinteraksi dengan orang lain, mengelola emosi, dan membentuk pola pikir yang sehat. Salah satu faktor utama yang memengaruhi perkembangan ini adalah lingkungan belajar. Lingkungan yang mendukung, baik secara fisik, sosial, maupun psikologis, bisa memberikan dampak besar bagi perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh lingkungan belajar terhadap aspek sosial dan emosional anak di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif melalui survei, observasi, dan wawancara yang melibatkan siswa, guru, dan orang tua mengenai kondisi lingkungan belajar di sekolah dan rumah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti hubungan positif antara guru dan siswa, fasilitas belajar yang memadai, serta dukungan emosional dari keluarga, memiliki hubungan yang signifikan dengan perkembangan keterampilan sosial dan emosional siswa. Temuan ini menekankan pentingnya menciptakan lingkungan yang inklusif dan aman untuk mendukung perkembangan anak secara menyeluruh. Berdasarkan hasil ini, disarankan agar pendidik dan orang tua lebih memperhatikan elemen-elemen lingkungan yang dapat memengaruhi perkembangan sosial dan emosional anak di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia is to provide a research medium and an important reference for the advancement and dissemination of research results that support high-level research in the fields Culture of Education and Social Science Research . Original theoretical work and ...