This research is motivated by the low learning motivation of first-grade students at MI Darut Taqwa Sengonagung, Purwosari, Pasuruan, in the Aqidah Akhlaq (Islamic Faith and Morals) subject. This low learning motivation is caused by the limited use of engaging learning media that align with the characteristics of early childhood, who tend to enjoy playful activities. To address this problem, this study aims to: (1) describe the application of the Snakes and Ladders game in Aqidah Akhlaq learning, and (2) evaluate the effectiveness of this media in increasing student learning enthusiasm. This study used a qualitative descriptive approach with data collection techniques including observation, interviews, and documentation. The results show that the use of the Snakes and Ladders game in Aqidah Akhlaq learning can create a more enjoyable, engaging, and interactive classroom atmosphere. Students appear more enthusiastic, active, and highly engaged throughout the learning process. The Snakes and Ladders game also allows teachers to deliver material in a more enjoyable way, through questions placed on the game board. With this approach, the learning process becomes more dynamic and aligns with the characteristics of children who enjoy playful activities. The Snakes and Ladders game has been proven effective in increasing student enthusiasm for learning, reducing boredom, and encouraging greater self-confidence and participation in learning. In conclusion, this game is an innovative alternative worthy of implementation in teaching Aqidah Akhlaq (Islamic Faith) in lower grades. Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya semangat belajar siswa kelas I di MI Darut Taqwa Sengonagung, Purwosari, Pasuruan dalam mata pelajaran Aqidah Akhlaq. Rendahnya motivasi belajar ini disebabkan oleh minimnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik anak usia dini yang cenderung menyukai kegiatan bermain. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan media permainan ular tangga dalam pembelajaran Aqidah Akhlaq, dan (2) mengevaluasi efektivitas media tersebut dalam meningkatkan semangat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media permainan ular tangga dalam pembelajaran Aqidah Akhlaq dapat menciptakan suasana kelas yang lebih menyenangkan, menarik, dan interaktif. Siswa terlihat lebih antusias, aktif, serta menunjukkan keterlibatan tinggi selama proses pembelajaran berlangsung. Permainan ular tangga juga memungkinkan guru untuk menyampaikan materi dengan cara yang lebih menyenangkan, melalui soal-soal yang ditempatkan pada papan permainan. Dengan pendekatan ini, proses belajar menjadi lebih dinamis dan sesuai dengan karakter anak-anak yang menyukai aktivitas bermain. Media ular tangga terbukti efektif dalam meningkatkan semangat belajar siswa, mengurangi kejenuhan, dan mendorong siswa untuk lebih percaya diri serta berani berpartisipasi dalam pembelajaran. Kesimpulannya, media ini merupakan alternatif inovatif yang layak diterapkan dalam pembelajaran Aqidah Akhlaq di kelas rendah
Copyrights © 2025