Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pendekatan konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam menangani stres akademik pada siswa kelas IX di SMP Negeri 29 Medan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan fokus pada siswa yang mengalami stres akibat keyakinan tidak rasional terkait peringkat akademik. Pengumpulan data dilakukan melalui Daftar Cek Masalah (DCM), wawancara, dan observasi. Intervensi REBT diterapkan untuk membantu siswa mengenali dan mengubah pikiran irasional menjadi lebih rasional. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan tingkat stres akademik, peningkatan kesejahteraan emosional, serta motivasi belajar siswa. Studi ini menyimpulkan bahwa REBT merupakan pendekatan konseling yang efektif untuk mengatasi stres akademik yang muncul akibat tekanan perbandingan prestasi. Kata Kunci : Stres akademik; Rational Emotive Behavior Therapy (REBT); siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025