Pendidikan memainkan peran krusial dalam membentuk masyarakat yang lebih toleran dan harmonis, khususnya dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama sejak dini. Mini Library di SD 08 Ujan Mas, Desa Suro Bali, merupakan inisiatif untuk memperkenalkan nilai-nilai tersebut kepada siswa. Kegiatan ini menggunakan metode participatory action research (PAR), yang melibatkan siswa, guru, dan pengelola perpustakaan untuk merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan yang mendukung pemahaman tentang keberagaman agama. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa keberadaan mini library dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap keragaman agama serta memperkuat rasa toleransi dan saling menghargai antarumat beragama. Melalui akses terhadap buku-buku yang mengajarkan moderasi beragama, siswa di Desa Suro Bali dapat mengembangkan perspektif yang lebih inklusif dan penuh toleransi terhadap perbedaan, yang pada gilirannya berkontribusi pada terciptanya lingkungan sosial yang lebih damai dan menghargai keberagaman. Program ini tidak hanya membekali siswa dengan pengetahuan tentang keberagaman, tetapi juga memupuk sikap saling menghormati yang sangat dibutuhkan dalam masyarakat multikultural dan multireligius seperti yang ada di Desa Suro Bali.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025