Pelaksanaan proses pendidikan tentu membutuhkan manajemen berbasis sekolah, yang mana kepala sekolah diharuskan menguasai kompetensi manajerial yang terstruktur, sistematis dan komprehensif agar mampu mencapai tujuan pendidikan. Tujuan pendidikan yang ditegaskan oleh kurikulum merdeka yaitu menciptakan sumber daya manusia yang berkompetensi dan memiliki sikap yang dinamis dan adaptif. Kompetensi manajerial sekolah merupakan kompetensi yang merujuk pada kemampuan menggali informasi, menganalisis, merancang, menyusun, mengembangkan dan mengaplikasikan baik aspek akademik maupun administrasi pada aktivitas belajar dalam kurun waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memaparkan pengaruh kompetensi manajerial kepedagogi pendidik di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan sebagai pedoman yaitu kuantitatif dengan desain penelitian quasi experiment. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan penyebaran angket. Sampel penelitian ini yaitu 13 orang kepala sekolah dan 26 pendidik di jenjang pendidikan sekolah dasar di wilayah Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa nilai Adjusted R Squere (Koefisien Determinasi) memperoleh nilai sebesar 0,500. Hal tersebut menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif antara implementasi kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap peningkatan kompetensi pedagogik pendidik sebanyak 50%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang cukup signifikan antara implementasi kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap peningakatan kompetensi pedagogi pendidik.
Copyrights © 2025