IQRO: Journal of Islamic Education
Vol. 8 No. 2 (2025): AGUSTUS 2025

Pengaruh Video Animasi Motion Graphic Terhadap Minat Belajar SKI di MI Hubbul Wathon

robiatul Adawiyah (Unknown)
Askhabul Kirom (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa dalam mata pelajaran SKI di MI Hubbul Wathon Pandaan. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh media video animasi motion graphic terhadap minat belajar siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan analisis regresi linier sederhana. Sampel berjumlah 26 siswa kelas III yang dipilih secara purposive. Instrumen utama berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, serta dilengkapi data observasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa media video animasi motion graphic berpengaruh signifikan terhadap minat belajar, dengan nilai R² sebesar 0,389 atau 38,9%, dan signifikansi 0,001 (< 0,05). Koefisien regresi menunjukkan bahwa peningkatan penggunaan media diikuti peningkatan minat belajar. Temuan ini membuktikan bahwa media ini efektif dalam meningkatkan perhatian, ketertarikan, dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran SKI.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education

Description

IQRO: Journal of Islamic Education is a peer-reviewed scholarly online journal. The IQRO is published twice in July and December. IQRO welcomes every paper on Islamic education and applications in the domain of islamic education: original theoretical work, literature review, research reports, ...