Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas strategi evaluasi berbasis proyek dalam membentuk budaya penilaian kolaboratif pada pembelajaran fisika di tingkat SMA. Studi ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan melibatkan dua kelas XII IPA di SMA Negeri X. Siswa bekerja dalam kelompok menyelesaikan proyek fisika kontekstual yang mencakup perencanaan eksperimen, analisis data, dan presentasi hasil. Proses penilaian mencakup evaluasi formatif, penilaian sejawat, dan refleksi mandiri. Data dikumpulkan melalui pre?test dan post?test, kuesioner sikap, observasi partisipatif, dan wawancara. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep, dengan rata-rata skor prestasi meningkat dari 65,4 menjadi 78,9. Indeks sikap dan persepsi siswa terhadap proses pembelajaran juga meningkat dari 3,12 menjadi 4,05 dalam skala Likert. Observasi dan wawancara mengungkap peningkatan keterlibatan aktif, tanggung jawab individu, serta terbentuknya komunikasi dan refleksi yang lebih kuat dalam kelompok. Evaluasi berbasis proyek efektif dalam memperkuat penguasaan konsep fisika dan menumbuhkan budaya belajar yang kolaboratif, reflektif, dan kontekstual. Strategi ini relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran abad ke-21 dengan dukungan sumber daya yang memadai.
Copyrights © 2025