Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan siswa menulis kata dalam pembelajaran bahasa Indonesia akibat kurangnya media pembelajaran menarik, sehingga digunakan media gambar untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas II UPT SPF SD Negeri Kompleks IKIP dengan bantuan media gambar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan yang sama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan evaluasi, dan data yang diperoleh dianalisis dengan metode analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, sehingga hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media gambar efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis kata siswa kelas II UPT SPF SD Negeri Kompleks IKIP.
Copyrights © 2025