Jurnal Lempu
Vol. 2 No. 2 (2025): July

Peningkatan Minat Belajar IPAS dengan Menggunakan Media Diorama

Rahman, Asbullah (Unknown)
Musfirah (Unknown)
Andi Adriani Sarbani (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2025

Abstract

Studi ini menggunakan media diorama untuk meningkatkan minat belajar siswa UPT SPF SD Inpres BTN Ikip 1 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah metode yang digunakan, dan terdiri dari dua siklus: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Menurut penelitian, diorama meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPAS). Pada siklus kedua, terjadi peningkatan ketertarikan siswa setelah perbaikan metode pembelajaran. Kesimpulan dalam penelitian ini, yaitu diorama telah terbukti berguna dalam membuat pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan. Disarankan agar guru memodifikasi penggunaan diorama untuk menjaga minat siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

lempu

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...