Problem based learning pada pelajaran IPA kelas IV UPT SPF SDN KIP Bara-Baraya 1. Jenis penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning dalam pelajaran IPA di UPT SPF SDN KIP Bara-Baraya 1. Subjek penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas IVA di UPT SPF SDN KIP Bara-Baraya 1 yang berjumlah 21 orang, terdiri dari 12 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi dan tes hasil belajar siswa dan literatur. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan deskriptif statistik untuk menggambarkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA mengalami peningkatan yang signifikan setelah diterapkannya model Problem Based Learning. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) pada pelajaran IPA kelas IV telah berhasil meningkatkan prestasi siswa secara signifikan. Hal ini terbukti dengan peningkatan nilai rata-rata menjadi 82 (kategori tinggi) dan persentase kelulusan mencapai 90% pada siklus II, dapat disimpulkan bahwa Model Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA.
Copyrights © 2025