Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 9, No. 3 (Juli 2025)

Peran Orang Tua dan Guru dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Anak Tingkat Sekolah Dasar

Fitriani, Ari Deca (Unknown)
Sari, Putri Sekar (Unknown)
Anisa, Nur (Unknown)
Ichsan, Ichsan (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2025

Abstract

Kemandirian belajar merupakan kemampuan seorang anak untuk mengatur, menyelesaikan tugas, dan mencari solusi masalah secara mandiri. Kemampuan ini penting dikembangkan pada anak usia sekolah dasar, yang berada pada fase perkembangan kognitif, emosional, dan sosial yang krusial. Penelitian ini menelaah peran orang tua dan guru dalam menumbuhkan kemandirian belajar anak, yang merupakan faktor kunci dalam mempersiapkan anak menghadapi tantangan pendidikan dan kehidupan sehari-hari. Orang tua berperan dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan memberikan dukungan emosional yang positif. Sementara itu, guru berfungsi sebagai fasilitator yang menciptakan suasana kelas yang mendukung dan memberikan tantangan yang sesuai untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kolaborasi antara orang tua dan guru terbukti sangat penting dalam mendukung perkembangan kemandirian belajar anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan literature review untuk menyajikan pemahaman lebih dalam mengenai kontribusi keduanya dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan emosional, pemberian kesempatan untuk mengambil keputusan, serta pendekatan yang personal dan konsisten dari kedua belah pihak dapat meningkatkan kemandirian belajar anak secara efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...