Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berupa buku pop-up interaktif bertema Pesona Wisata Madura untuk meningkatkan literasi dan kemampuan kognitif anak usia dini di TK Siratul Islam, Guluk-Guluk, Sumenep. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Dick and Carey, yang mencakup identifikasi kebutuhan, analisis instruksional, pengembangan strategi pembelajaran, serta evaluasi formatif dan sumatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan validasi ahli. Hasil validasi menunjukkan tingkat kelayakan media sangat tinggi sebesar 91,67%. Uji efektivitas menunjukkan peningkatan minat literasi dan kemampuan kognitif anak, khususnya dalam keterampilan membaca permulaan, setelah penggunaan media. Secara teoritis, penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan model pembelajaran berbasis budaya lokal dalam pendidikan anak usia dini. Secara praktis, buku pop-up ini terbukti menjadi media yang kontekstual, menarik, dan edukatif. Penelitian merekomendasikan pengembangan media serupa dengan mengangkat kekayaan budaya lokal lainnya sebagai sarana pembelajaran yang relevan dan bermakna.
Copyrights © 2025