Rendahnya kapasitas anak usia dini dalam menguasai kosakata Bahasa Inggris karena minimnya variasi media pembelajaran serta minimnya keterlibatan guru dalam mengembangkan permainan berbasis teknologi menjadi dasar penelitian ini. Pembelajaran cenderung monoton dan tidak menarik, sehingga anak kurang termotivasi untuk mengikuti kegiatan belajar. Studi ini memiliki tujuan yaitu mengkaji efektivitas media pembelajaran berupa permainan monopoli modifikasi berbasis Augmented Reality dalam membantu anak usia dini mengenal kosakata Bahasa Inggris. Desain eksperimen semu yang termasuk dalam pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Seluruh anak di TK Adzkia II Padang menjadi populasi dari penelitian ini dengan sampelnya yaitu grup B1 dan B2 13 anak anak masing-masing grup. Instrumen berupa tes lisan dan perbuatan yang telah divalidasi oleh ahli. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan serangkaian uji statistik yaitu uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis guna memastikan kelayakan dan kekuatan inferensial dari data yang diperoleh. Dengan diperolehnya skor signifikansi p < 0,05, dapat diinterpretasikan bahwa penggunaan permainan monopoli yang terintegrasi dengan Augmented Reality memberikan kontribusi signifikan dalam memperkuat pengenalan kosakata Bahasa Inggris pada anak usia dini di TK Adzkia II Padang.
Copyrights © 2025