Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat)
Vol 8, No 2 (2025): Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat

Pelatihan Metode Cinema Therapy dalam Layanan BK Klasikal pada Guru BK SMK Kab. Bogor

Marisa, Cindy (Universitas Indraprasta PGRI)
Utami, Sri (Universitas Indraprasta PGRI)
Rufaidah, Anna (Universitas Indraprasta PGRI)
Nisa, Afiatin (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2025

Abstract

Karakteristik Layanan BK Klasikal yang dapat melayani siswa dalam satu kelas secara bersamaan menjadi salah satu bentuk keunggulan bagi layanan ini untuk secara efektif dan efisien mengoptimalisasikan dalam mengembangkan diri secara optimal. Penerapan metode layanan yang bersifat kekinian juga menjadi perlu diperhatikan sejalan dengan karakteristik dan passion siswa masa kini di era society 5.0 yang erat dengan dunia digital dan media sosial. Dalam kaitannya dengan hal tersebut, pemanfaatan metode cinema therapy dalam layanan BK Klasikal menjadi salah satu alternatif yang dapat diterapkan oleh guru BK. Cinema therapy merupakan teknik terapi kreatif dengan menggunakan film yang secara alami dapat menghubungkan dunia imajinasi, kreativitas, dan kebaruan daya berpikir individu. Keterbatasan keterampilan guru BK dalam mengaplikasikan metode ini menjadi dasar untuk diberikannya pelatihan. Pelatihan ini diberikan kepada 25 guru BK yang tergabung dalam MGBK SMK Kab. Bogor. Pelatihan diberikan dari identifikasi kebutuhan siswa, pemilihan film, hingga mengevaluasi pembelajaran dalam metode cinema therapy. Pelatihan ini terbukti memberikan peningkatan wawasan, pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap guru BK SMK Kab. Bogor dalam menerapkan metode cinema therapy dalam pelayanan BK Klasikal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pkm

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) focuses on publishing articles about the results of community service activities in any form, whether in the form of products or in the form of modules and methods. This journal contains publications from all fields of science, both education, arts and ...