WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer
Vol. 7 No. 3 (2025): Juli

Metode Pengajaran Holistik: Penerapan Pengajaran Optimal Bagi Gen-Z

Ni Luh Putu Unix Sumartini (Unknown)
I Gede Putu Adhitya Prayoga (Unknown)
Jovian Nanda Sismawan (Unknown)
I Wayan Adit Saputra (Unknown)
Luh Putu Rika Utami (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2025

Abstract

Guru memiliki peran strategis dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang menarik serta memotivasi siswa. Kualitas pembelajaran sangat bergantung pada metode pengajaran yang dipilih, terutama dalam menghadapi tantangan psikologis Generasi Z. Hasil pengabdian ini menemukan adanya kesenjangan psikologis (Gap Physicology) antara gurudan siswa sekolah kejuruan, yang memengaruhi dinamika kelas. Oleh karena itu, model pembelajaran holistik seperti Contextual Teaching and Learning (CTL) dipilih sebagai solusi untuk meningkatkan efektivitas pengajaran. Metode CTL menghubungkan materi pelajaran dengan menerapkannya pada kehidupan nyata, sehingga siswa lebih sadar terhadaplingkungan sekitar dan pembelajaran menjadi lebih optimal dan menarik. Kegiatan pengabdian ini melibatkan 25 guru di SMK Dwijendra Denpasar dalam pelatihan yang bertujuan untuk memperkenalkan kembali metode CTL. Dengan bermunculan berbagai metode pengajaran baru maka metode ini mulai ditinggalkan karena pergeseran pembelajarandaring selama pandemi COVID-19. Pendekatan pengabdian yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan diskusi kelompok terfokus (Focus Group Discussion). Hasil pengabdian ini juga menunjukkan bahwa penerapan metode CTL dapat membantu mengatasi tantangan psikologis dalam pembelajarandengan mendekatkan siswa kepada alam dan lingkungan sekelilingnya dan meningkatkan efektivitas pengajaran di sekolah kejuruan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

widyabhakti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer yang memiliki filosofi memberikan pencerahan dalam hal ilmu pengetahuan kepada masyarakat dengan cara mentransfer ilmu pengetahuan dan pengalaman dari sumber literasi ilmiah dengan cara pelatihan dan penyuluhan, sosial, manajemen, peningkatan produksi, product ...