Karimah Tauhid
Vol. 4 No. 7 (2025): Karimah Tauhid

Kesulitan Peserta Didik dalam Membaca, Menulis, dan Memahami Struktur Tulisan pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Sya, Mega Febriani (Unknown)
Lestari, Fani Irfani (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia kerap menghadapi beragam tantangan yang dihadapi oleh peserta didik, khususnya dalam aspek membaca, menulis, serta pemahaman terhadap struktur tulisan. Salah satu faktor utama yang mempengaruhi kemampuan membaca siswa adalah kurangnya minat baca, yang berdampak pada pemahaman mereka terhadap teks. Di sisi lain, dalam hal menulis, siswa sering mengalami kesulitan dalam menyusun kalimat yang jelas, yang dapat disebabkan oleh keterbatasan akses terhadap sumber belajar yang memadai. Selain itu, pemahaman terhadap struktur tulisan, termasuk pengenalan unsur-unsur kebahasaan, penggunaan ejaan yang tepat, dan pengorganisasian paragraf, juga menjadi kendala yang signifikan. Oleh karena itu, kajian ini bertujuan guna mengidentifikasi dan menganalisis berbagai tantangan yang dihadapi oleh peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, Serta berupaya menemukan solusi yang efektif guna mengatasi permasalahan tersebut, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan lebih optimal dan kemampuan literasi peserta didik meningkat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...