Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Vol 9, No 1 (2025): Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia (Juni 2025)

REVOLUSI PENDIDIKAN: MENGURAIKAN KURIKULUM MERDEKA DENGAN MENAVIGASI TANTANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLEH GURU PJOK MELALUI LENSA UNESCO

Wiguno, Lokananta Teguh Hari (Unknown)
Heynoek, Febrita Paulina (Unknown)
Kurniawan, Ari Wibowo (Unknown)
Kurniawan, Rama (Unknown)
Sigit, Cahyo Nugroho (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2025

Abstract

Esensi terkait hak dan kewajiban dasar pendidikan jasmani dan olahraga bagi tiap individu diatur secara universal melalui piagam internasional pendidikan jasmani, aktivitas fisik dan olahraga oleh UNESCO. Penelitian ini, bertujuan untuk menguraikan pelaksanaan pendidikan jasmani dengan kurikulum merdeka di kota malang. Dengan metode campuran pararel konvergen peneliti mengiterpretasikan data kuantitatif dan kualitatif secara bersamaan, terhadap 45 responden yang dipilih secara kuota sampling. Hasil penelitian menyebutkan bahwa secara kuantitatif pelaksanaan pembelajaran berada pada kategori sangat baik. Namun pada aspek kesetaraan hak, program yang bermanfaat, kontribusi stakeholder, ketersediaan sarana & prasarana, serta kerjasama internasional berdasarkan pernyataan secara kualitatif masih perlu beberapa perbaikan. Simpulan dan saran dari penelitian ini, secara ringkas mengerucut pada penekanan pelaksanaan pendidikan jasmani yang inklusif, perancangan kurikulum dengan fokus pada pendekatan holistik, peningkatan peran stakeholder dalam pendanaan fasilitas olahraga, penyediaan sarana dan prasarana yang layak dan standar, serta perlunya kerjasama internasional untuk mengembangkan pelaksanaan pendidikan jasmani yang unggul dalalm menekan pola hidup pasif pada remaja

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

gpji

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Physical Education Arena is published by Department of Sports Science, Faculty of Sports Science State University of Malang (UM). The Indonesian Physical Education Arena is published twice a year in April and October containing articles of research and thought results in the field of ...