Journal of Education Research
Vol. 6 No. 3 (2025)

Pengaruh Self Esteem, Self Regulation, dan Self Concept Terhadap Fomo pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP ULM

Ramadhan, Muhamad Rico (Unknown)
Rachman, Ali (Unknown)
Jamain, Ririanti Rachmayanie (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2025

Abstract

Fenomena Fear of Missing Out (FoMO) kian marak di kalangan mahasiswa seiring meningkatnya penggunaan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh self-esteem, self-regulation, dan self-concept terhadap FoMO pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP ULM. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) dan teknik sampling jenuh, sebanyak 270 mahasiswa dijadikan responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel self-esteem, self-regulation, dan self-concept memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap FoMO. Temuan ini mengindikasikan bahwa individu dengan harga diri, regulasi diri, dan konsep diri yang tinggi justru dapat lebih rentan mengalami FoMO. Studi ini memberikan kontribusi dalam memahami dinamika psikologis mahasiswa dalam konteks media sosial, serta menjadi dasar bagi pengembangan strategi bimbingan dan konseling yang relevan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...