Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 4 No 2 (2025): Juni

Menulis Sejarah Desa: Rekonstruksi Budaya Lokal dalam Perspektif Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat

Mochammad Nginwanun Likullil Mahamid (Unknown)
Akhmad Najibul Khairi Syaie (Unknown)
Imam Malik Riduan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penulisan sejarah desa merupakan bentuk kontribusi nyata dalam pengabdian masyarakat sekaligus sarana edukatif dalam merekonstruksi budaya lokal. Artikel ini mengeksplorasi bagaimana praktik penulisan sejarah desa dapat berfungsi sebagai media pendidikan yang menanamkan nilai-nilai budaya, identitas kolektif, dan kesadaran historis dalam masyarakat, khususnya dalam konteks penguatan karakter dan nilai-nilai keislaman. Studi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan kombinasi studi dokumentasi, wawancara, dan observasi partisipatif. Lokasi penelitian berada di Desa Klagenserut, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Hasil kajian menunjukkan bahwa penulisan sejarah desa tidak hanya berdampak pada pelestarian pengetahuan lokal, tetapi juga berperan dalam membangun kesadaran warga terhadap akar budaya dan potensi pendidikan berbasis kearifan lokal. Proses ini sekaligus mendorong partisipasi aktif warga dalam perumusan narasi sejarah yang inklusif. Meski demikian, dinamika sosial seperti dominasi narasi oleh elite lokal dan resistensi dari kelompok tertentu menjadi tantangan yang perlu dikelola secara kritis. Dengan mengacu pada pendekatan historiografi kritis, artikel ini menegaskan bahwa penulisan sejarah desa merupakan tindakan reflektif yang bermakna secara kultural dan edukatif, serta relevan dalam konteks penguatan pendidikan dan pengabdian masyarakat.

Copyrights © 2025